Sejarah Goa Pindul Gunung Kidul

DESKRIPSI GOA PINDUL

Goa pindul atau kalau orang jakarta menyebutnya gua pindul adalah lorong yang dalamnya terdapat aliran sungai kecil bawah tanah, panjang goa itu adalah 350 meter dengan kedalaman air yang cukup bervariasi ada yang 0 meter sampai dengan 12 meter lebih bahkan. Aliran sungai tidak ada arus atau tenang, oleh warga setempat aliran sungai ini digunakan untuk mengaliri sawah ladang mereka. Tinggi langit goa pindul sampai 8 meter dengan lebar goa pindul dari 12 meter.

Di ujung goa dibuat sebuah bendungan yang mana disaat musim kemarau debit air ini biar bisa di gunakan merata ke semua ladang dan sawah milik warga,disaat musim penghujan sangat jarang terjadi banjir yang sangat tinggi,Goa ini memiliki tiga zona yang sangat berbeda diantaranya

  • Zona terang

Di zona terang terdapat batu stalagtit adalah yang tubuh dari atas ke bawah dan stalagmit yang dari bawah keatas di goa pindul ini batuan masih aktif ialah yang masih bisa meneteskan air di ujung batunya dan masih bisa memanjang lagi sampai bawah tetapi memerlukan waktu yang cukup lama sekali dan di zona ini kita jumpai batu tirai kecil yang sudah tidak atif lagi bentuknya seperti lipatan tirai.

  • Zona remang

Setelah lewat dari zona terang di goa pindul ada lagi zona remang, di area ini terdapat beberapa batu yang menurut mitos Batu Perkasa yang dipercaya dapat membuat pria perkasa jika menyentuhnya atau melintas didepannya tapi jangan lama lama nyentuhnya nanti takutnya kalau over dosis hihi… dan mitos kedua batu Mutiara yang membuat wanita tambah cantik dan awet muda jika beruntung terkena tetesan air dari batu ini. tapi itu hanya sekedar mitos kalau ingin cantik dan awet muda langsung aja pergi ke salon habis dari goa pindul pasti tambah cantik dan awet muda deh hehe.

  • Zona gelap abadi

Zona gelap abadi di goa pindul adalah sebuah ruangan goa tanpa ada cahayapun masuk ke zona ini,dan apabila saat melewati area ini anda berdoa dengan tenang dan khusuk akan di kabulkan oleh Yang Maha Kuasa.
Setelah sudah meninggalkan zona gelap abadi akan di jumpai sebuah lorong yang dapat memasukan cahaya, inilah yang di namakan cahaya surga di goa pindul, zona ini terdapat sebelum di pintu finish goa pindul.
inilah sedikit pengetahuan tentang goa pindul untuk bisa lebih jelasnya lagi anda bisa membaca di sejarah goa pindul..

LOKASI GOA PINDUL

Gunung kidul berada di tenggara yogyakarta,wilayah ini sudah terkenal dengan bukit seribunya disaat musim kemarau daerah ini terkenal dengan kekurangan air.Namun siapa sangka dibalik itu semua tersembunyi sebuah surga kecil yang sangat-sangat indah yaitu goa pindul,Surga tersebut terletak di sebelah utara kota wonosari dengan jarak 7 Km dari pusat kota wonosari tepatnya di dusun Gelaran II, Bejiharjo, kecamatan Karangmojo,Kabupaten Gunungkidul, propinsi Yogyakarta. Agar bisa ke lokasi goa pindul anda harus di kawal/dijemput karena lokasi ini berada di tengah-tengah desa. Dan jalannya pun sangat rumit jika anda ingin mengunjungi obyek wisata goa pindul alangkah baiknya anda call ke admin kami di hubungi kami’.

GOA PINDUL DI BUKA

Goa pindul resmi di buka oleh bupati Gunungkidul Ibu Badingah pada tahun 2010 lalu, tapi sebelum di buka sebagai obyek wisata dulu goa pindul sering di telesuri oleh warga sekitar untuk melihat dan mencari kelelawar. Setelah di teliti oleh tim dari UGM dan basarnas dan pihak-pihak yang berkaitan dengan wisata dan goa pindul pun layak di pakai sebagai obyek wisata alam minat khusus.Awal pembukaan tamu yang datang sangat sedikit,seiring bertambahnya umur sekarang goa pindul udah sangat rame terkenal di penjuru dunia,terbukti di saat weekend atau long weekend pengunjung goa pindul bisa membludak untuk jam buka pindul dari jam 07.00 – 16.30 WIB

CAHAYA SURGA GOA PINDUL

Sebelum anda sampai finish penelusuran anda akan melewati goa vertical atau goa jemblong atau goa bolong, nah disinilah anda bisa menemukan atau menjumpai sebuah cahaya yang sangat indah sekali , cahaya inilah yang kami namakan cahaya surga. mungkin anda bisa mlihat indahnya cahaya surga disaat anda melakukan penelusuran sekitaran jam 10 siang.

Yang muda belum pernah menjadi tua, tetapi yang tua pasti pernah muda, yang muda jelajahi alam Indonesia, tetapi yang sudah tua belum tentu menjelajahi alam Indonesiaā€¯

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *